• Sun. Jun 13th, 2021

Senyum Semangat

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

4 Tips Cerdas Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

Bysenyumsemangat

Mar 12, 2021

 

Bagi kamu yang kerap menghabiskan aktivitas harian di luar rumah, agaknya tabir surya atau sunscreen tak boleh dilewatkan sebagai salah satu skincare wajib. Saat ini, untuk mendapatkan sunscreen sangatlah mudah, apalagi dengan banyak varian seperti sunscreen Wardah, Biore,Nivea, dan lain-lain.

Namun yang menjadi catatan penting, bagi kamu yang punya kulit berminyak, maka kamu memerlukan sunscreen dengan komposisi khusus ya agar tidak menjadikan kulitmu semakin mirip kalang minyak. Berikut panduannya!

Sunscreen dengan bahan dasar air

Dengan Water-based sebagai bahan utama, maka sunscreen akan bertekstur lebih cair serta kulit lebih cepat menyerapnya, alhasil kulit akan menikmati efek matte yang menenangkan. Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan sunscreen dengan komposisi utama air ini. dan cara identifikasinya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melihat komposisi belakang kemasan. Rumusnya, bahan yang semakin awal disebut, bisa dibilang berkomposisi paling banyak. Jadi kamu hanya perlu memastikan air berada di urutan pertama komposisinya.

Pilih Sunscreen dengan tekstur yang ringan

Pemakaian sunscreen dengan tekstur yang kurang pas bisa menyebabkan kulitmu justru berminyak, bahkan muncul jerawat. Nah apalagi bagi kamu yang sebelumnya sudah identik dengan kulit berminyak, maka ada baiknya kamu menjauhi produk sunscreen yang terlalu berat.

Sebagai anjurannya, kamu bisa mengenakan sunscreen yang memiliki tekstur seperti gel ataupun spray. Dengan sunscreen yang ringan teksturnya, niscaya pori-pori kulit kamu tidak akan terhalangi untuk bernafas sehingga tidak menyebabkan jerawat.

Pastikan sunscreen kamu memiliki label Oil-Free

Selain melihat dari urutan komposisi sebagaimana yang saya sebut di atas, kamu pun bisa memilih sunscreen dengan mudah yang cocok untuk jenis kulit berminya, yakni dengan cara melihat labelnya. Apakah pada kemasan sunscreen ada label oil-free yang artinya bebas minyak? Jika ada, maka sunscreen tersebut bisa kamu pilih untuk perawatan kulit berminyak.

Jika pada label tidak ditemukan, maka bukan berarti sunscreen tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak ya. Karena tidak semua merek menyertakan label tersebut. Nah antisipasinya, lihat kembali kemasan, apakah ada bahan ‘oil’? Jika tidak, maka sunscreen itu bisa kamu pakai.

Pilih kadar SPF sesuai kebutuhan kamu

SPF merupakan bahan paling penting pada sunscreen, hal mana bahan inilah yang melindungi kulit dari radiasi dan terpaan sinar UV. Secara umu, rumusnya semakin tinggi kadar SPF pada suatu produk sunscreen, maka semakin besar pula perannya dalam melindungi kulitmu.

Akan tetapi, sebaiknya kamu perlu memilih sunscreen dengan kadar SPF sesuai kebutuhan kamu. Apabila kamu hanya keluar sebentar, mungkin sunscreen dengan kadar SPF 15 sudah cukuplah. Berbeda kalau kamu lama di perjalanan, seperti mendaki gunung atau menyusuri pantai misalnya, mungkin kamu bisa mengenakan sunscreen dengan kadar SPF 30 – 50.